Monday, July 9, 2018

Cara Mudah Menginstall Windows 7 ( Dengan Gambar )

   Instalasi Windows mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan tapi sebenarnya sangat mudah, terutama jika anda menginstal sistem operasi yang lebih seru seperti Windows 7 Ultimate, ada yang 32-bit dan ada juga yang 64-bit. Tetapi tidak perlu membawa komputer atau leptop kepada ahli lokal untuk menginstal ulang yang sederhana ini. Anda dapat menginstal Windows 7 sendiri dengan cara yang akan saya terapkan pada artikel saat ini.


   Windows 7 adalah sistem operasi windows yang memungkinkan paling mudah di pasang. Anda hanya di tanya beberapa pertanyaan penting selama penginstallan, sebagian besar proses penyimpanannya benar-benar otomatis. Langsung saja kita kita bahas topik artikel kali ini yaitu cara mudah menginstall windows 7.

1. Nyalakan PC/Laptop anda, kemudian anda tekan tombol delete berulang kali sampai anda memasuki menu BIOS.
Catatan : Gambar di bawah ini merupakan contoh masuk ke menu ( BIOS ), tampilan ini beraneka ragam tergantung merknya.


2. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut, bahwa device yang berada di urutan teratas adalah HDD. Jadi PC/Laptop anda akan melakukan booting pertama kali dari HDD.


3. Agar bisa booting dari CD/DVD, anda perlu menempatkan CD-ROM drive berada di urutan teratas. Caranya anda dengan memilih CD-ROM Drive, kemudian anda geser menggunakan tombol (+/-) sampai berada di urutan teratas seperti gambar di bawah ini.

4. Jangan lupa untuk memasukan DVD windows 7 anda pada DVD-ROM, kemuadian anda tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil setingan sekaligus keluar dari menu BIOS.


Note : Tidak semua PC/Laptop memiliki jenis BIOS yang sama. Bisa jadi BIOS yang anda gunakan juga tidak sesuai dengan yang saya gunakan dalam artikel ini.

Langkah - langkah Menginstall Windows 7
   Baiklah sekarang waktunya instalasi windows 7, menginstall windows 7 tidaklah sulit silahkan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi windows.


2. Silahkan pilih Indonesia ( Indonesia ) pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method  biarkan default. Kemudian anda klik Next.


3. Untuk memulai instalasi windows 7. Pilih Install now


4. Centang I accept the license terms, kemudian anda pilih Next


5. Saya anggap anda saat ini sedang belajar menginstall sistem operasi windows 7 untuk pertama kalinya. Jadi saya persilahkan anda untuk pilih Custom ( advanced ).


6. Jika anda ingin melakukan insatallasi ulang, downgrade maupun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data pada partisi lain tidak hilang, cukup anda delete Disk 0 partition 2 ( Partisi C:) dan Disk 0 partition 1 : System Reserved, nanti otomatis kedua partisi yang anda delete tadi menjadi Unallocated Space.


Silahkan anda buat partisi baru lagi dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows 7, kemudian anda pilih Next. 

7. Langkah selanjutnya yaitu mempartisi ruang harddisk. Yaitu pilih Drive options ( advanced ) ~ New. Lalu tentukan ukuran partisi/drive tersebut. Kemudian anda pilih Apply jika sudah selesai.

8. Pilih OK untuk pembuatan sistem files windows atau yang biasa di sebut System reserved partition saja.


9. Silahkan anda buat 2 partisi dengan cara yang sama seperti langkah-langkah no 7 ya... Sebenarnya, beberapa banyak partisi tergantung selera masing-masing, dan pada artikel kali ini saya hanya membuat 2 partisi saja.


10. Silahkan pilih Disk 0 partition 2 sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian pilih Next. 


11. Proses instalasi windows 7 berlangsung. Proses ini memakan waktu kurang lebih dari 20 menitan, selama proses berlangsung komputer anda akan mereboot sendiri untuk beberapa kali.


12. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard hal tersebut akan menyebabkan anda akan mengulangi proses dari awal.


13. Langkah selanjutnya adalah memasukan nama pengguna dan nama komputer kemudian anda pilih Next.

14. Langkah berikutnya yaitu membuat password untuk akun windows anda. saran saya sih buatlah pasword yang kuat dengan kombinasi angka dan simbol atau bisa nama seseorang yang terpenting buat anda hehehe... Isikan kata atau kalimat yang membantu anda mengingat password anda tersebut, dan jika anda tidak ingin menambahkan password dibiarkan kosong saja. Kemudian anda klik Next.


15. Silahkan masukan product key windows 7 anda, kemudian anda pilih Next. Jika anda tidak mempunyai product key anda bisa lewati langkah tersebut, dan nanti anda akan di minta product key setelah melewati 30 hari.


16. Untuk windows update, silahkan pilih Ask me later. Anda bisa memilih Use recommended settings jika DVD windows 7 yang anda miliki original.


17. Untuk Time zone pilih ( UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.


18. Langkah berikutnya yaitu menentukan lokasi jaringan. Silahkan anda pilih Public Network.


19. Jika anda menambahkan password untuk akun windows anda seperti pada langkah-langkah no 14, anda harus memasukkan password terlebih dahulu untuk masuk ke layar utama atau dekstop, kemudian anda tekan Enter.

20. Selamat !!! Proses instalasi windows 7 selesai dengan selamat.

   Sekian artikel tentang instalasi windows 7, selebihnya kami minta maaf dan jika anda ada masukan silahkan tambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan.

0 komentar:

Post a Comment